Sambut Hari Bahkti Adhyaksa ke 62 dan HUT IAD ke 22, Kejari Tanjung Jabung Barat Santuni Anak Panti Asuhan dan Purnaja di Tanjab Barat Diduga Proses Tender Cacat Hukum, Rekanan Bakal Pidanakan Pokja Banyak Salah Lokasi, Proyek di Dinas PU PR Tanjabbar Dibatalkan Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Betara

Home / Politik / Berita / Bisnis / Ekonomi / Energi / Infrastruktur / Nasional / Pemerintahan / Peristiwa / Tanjab Barat

Selasa, 13 Agustus 2024 - 12:11 WIB

Survei LSI: Elektabilitas Anwar Sadat – Katamso Tembus 47 Persen

KUALATUNGKAL,Lj- Hasil survei LSI (Lembaga Survei Indonesia) periode 26 Juli – 2 Agustus 2024 menunjukkan elektabilitas pasangan calon Bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup)  Kabupaten Tanjabbar Drs H Anwar Sadat MAg – DR Katamso SA SE ME mencapai 47,0 Persen.

Sementara kandidat lain berada di angka 13,7 persen dan 10.0 persen. Dari survei LSI tersebut, tercatat 29,2 persen responden belum menentukan pilihan.

 

“Anwar Sadat – Katamso, 47 persen paling banyak dipilih,” tulis LSI dalam temuan surveinya.

Selain itu, dalam simulasi tertutup tiga nama, Lembaga survei Nasional ini mencatat tingkat keterpilihan Anwar Sadat mencapai 48 persen, disusul kandidat lain 13,8 persen dan 9,1 persen.

Sedangkan dalam simulasi Dua Kandidat, nama Anwar Sadat dipilih 53,9 persen. Sedangkan kandidat lain berada diangka 14,2 persen. Sementara yang tidak menjawab sebesar 31,9 persen.

Sementara, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja sang petahana, 13 persen mengaku sangat puas dengan kinerja Anwar Sadat sebagai Bupati, 65 persen mengaku cukup puas. Angka 17,3 persen yang mengaku kurang puas, dan hanya 1.9 persen yang mengaku tidak puas.

BACA JUGA  SKK Migas - Jadestone Berhasil Alirkan Gas Perdana Pasok PLN Batam

Adapun metodologi survei ini dilakukan lewat wawancara tatap muka dengan melibatkan 400 responden yang sudah berusia 17 tahun atau lebih.

Margin of error survei lebih kurang 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Terpisah, pengamat politik dari IAIN Kerinci, Wawan Novianto, menyebutkan ada dua nilai-nilai yang dipegang teguh oleh masyarakat Tanjabbar, dan nilai nilai itu menjadi acuan dalam berkehidupan sosial, termasuk dalam politik. Dua nilai tersebut adalah Agama dan adat.

“Warga Tanjab Barat yang dominan Melayu banyak terikat dalam agama dan adat, sehingga secara alam bawah sadar dua faktor tersebut mempengaruhi keputusan politik,”ungkap kandidat Doktor dari Universitas Andalas ini.

Dikatakan Wawan, Anwar Sadat identik dengan tokoh yang punya pondasi agama kuat karena berasal dari keluarga santri, sehingga masyarakat nyaman dengan kepemimpinannya.

“Pola kampanye Anwar Sadat juga menggunakan pendekatan agama, sehingga wajar jika dalam survey unggul,”timpal mantan Redaktur Politik salah koran kenamaan di Provinsi Jambi ini.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Hadiri Peringatan Hari Kartini Ke 143, Ini Pesan Beliau Untuk Yuliawati

Lanjutnya, Secara kinerja kepemerintahan, Anwar Sadat juga cukup baik, tidak ada kasus korupsi atau kontroversi yang berarti.

Sementara itu, H Padli, Ketua Tim Pemenangan Kabupaten Anwar Sadat – Katamso, mengakui jika hasil survei menunjukkan pasangan Anwar Sadat -Katamso masih unggul jauh dibanding kandidat lain.

“Melihat dari hasil survei terbaru LSI, kandidat kita Anwar Sadat- Katamso menunjukkan masih dominan dibandingkan dengan kandidat yang lain. Artinya Anwar Sadat dan Katamso secara umum disenangi oleh masyarakat Tanjab Barat,”ungkapnya.

Namun demikian, kepada pendukung UAS – Katamso,  mantan anggota DPRD Tanjabbar empat periode ini meminta untuk tidak berpuas diri, justru lebih memacu semangat juang dan mengawal untuk memenangkan UAS – Katamso hingga waktu pencoblosan.

“Dan perlu diperhatikan kepada seluruh relawan, jangan sesekali merendahkan pihak kandidat lainnya, karena kita sudah diingatkan Ustadz (Anwar Sadat -red) untuk berpolitik dengan cara yang santun dan bijak,”tandasnya.(*)

 

Share :

Baca Juga

Berita

SMSI Jambi Gelar Diskusi Tangkal Berita Hoaks di Tahun Politik

Berita

Respon Cepat Anwar Sadat, Jembatan Harmoko Mulai Diperbaiki

Berita

SKK Migas – KKKS Sumbagsel bersama Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Gelar Sosialisasi Standar Laik Jalan dan Angkutan Berbahaya

Berita

Wabup Hairan Pimpin Rakor Rencana Pembangunan Jembatan Jalan Tol Ruas Jambi – Rengat

Berita

Gebrakan SKK Migas, Industri Hulu Migas Hasilkan sekitar Rp 700 Triliun untuk Negara

Berita

Dihadiri Anwar Sadat – Katamso, Panjang Pisang Tim OKE GAS Diserbu Masyarakat  

Berita

Bendes Pangkal Duri Diduga Selewengkan ADD, Ini Kata Kades

Advetorial/Society

Ketua DPRD Hadiri Undangan Acara Firewell Parade Kapolres Baru Tanjab Barat