Sambut Hari Bahkti Adhyaksa ke 62 dan HUT IAD ke 22, Kejari Tanjung Jabung Barat Santuni Anak Panti Asuhan dan Purnaja di Tanjab Barat Diduga Proses Tender Cacat Hukum, Rekanan Bakal Pidanakan Pokja Banyak Salah Lokasi, Proyek di Dinas PU PR Tanjabbar Dibatalkan Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Betara

Home / Berita / Bisnis / Ekonomi / Pemerintahan

Minggu, 28 Juli 2024 - 14:51 WIB

Al Haris Buka Festival Biduk Gedang Tabir

Oplus_131072

Oplus_131072

Merangin,Lj  – Festival Biduk Gedang Bselang Angkut Padi yang berlangsung di gelanggang bantai adat Dusun Baru Tabir, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, berlangsung meriah, Sabtu (27/7/2024) malam.

 

Festival Biduk Gedang Bselang Angkut Padi yang merupakan rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 ini dibuka oleh Gubernur Jambi, Al Haris. Ini ditandai dengan pemukulan genong.

 

Festival biduk Gedang ini juga dihadiri Dirjen Kebudayaan Kemendikburistek yang pada kesempatan ini diwakili Direktur Perfilman Musik dan Media.

 

Selain itu juga hadir ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris, Pj Bupati Merangin, Pj Bupati Sarolangun, Sekda Kota Jambi, Ketua DPRD Kabupaten Merangin, pada pejabat eselon II Pemprov Jambi dan Pemkab Merangin.

 

Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang membuat acara Swarnabhumi di Jambi.

BACA JUGA  Pemkab Tanjab Barat MoU dengan Institut Pertanian Bogor

 

“Kenduri Swarnabhumi sangat banyak mengangkat adat budaya kami Jambi, itu turut melestarikan alam lingkungan dan budaya Jambi dan semua daerah sudah menggelar Kenduri Swarnabhumi ini. Mudahan setiap tahunnya ini terus dikembangkan,” kata Al Haris.

 

“Kami juga berterima kasih kepada Kemendikburistek khususnya bidang kebudayaan tiga tahun ini banyak memberikan bantuan untuk Jambi, tiga tahun ini sudah hampir Rp 1 triliun yang terbanyak pemugaran candi Muaro Jambi. Terima kasih banyak dan Kenduri Swarnabhumi ini ternyata banyak budaya yang terangkat, dan akhirnya anak cucu kami tau budayanya,” tambah Al Haris.

 

Gubernur Jambi Al Haris juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Tabir yang telah melestarikan budaya leluhur sehingga tetap dikenang atau dipakai sampai saat ini.

BACA JUGA  Kepala SKK Migas Lantik 58 Pegawai Setingkat Kepala Divisi di Lingkungan SKK Migas

 

“Terima kasih kepada masyarakat Tabir yang sudah menjaga adat budaya kita, seperti silek payudon, membantai, model baju kebaya tekuluk ini tetap lestari hingga saat ini. Mudahan kita semua menjaga budaya kita, ini menjadi warisan untuk anak cucu kita,” sebut Al Haris lagi.

 

Festival Biduk Gedang Bselang Angkut Padi ini diawali dengan makan belahik (makan bersama) di rumah tuo sebagai bentuk syukuran warga setempat, sebagai bentuk mohon doa agar Kenduri Swarnabhumi yang di Tabir berlangsung sesuai rencana.

 

Rumah tuo tempat makan belahik dibangun tahun 1300 Masehi. Rumah tuo itu dibangun secara bergerbuh (gontong royong) dibangun dengan pilosopi kapal. (*/Fey)

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjab Barat Hadiri Pembukaan Rakorda BAZNAS Se Provinsi Jambi

Berita

MGTC DIRUT PHR REGIONAL SUMATERA KE PROGRAM BINAAN PHE JAMBI MERANG

Bisnis

Kerja Nyata Al Haris-Sani Perlahan Membangun Jambi Diberbagai Sektor

Berita

Wabup Hadiri Istighotsah dan Pembacaan Manakib

Berita

Sekda Ikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2022 Secara Virtual

Advetorial/Society

Bupati Sebut Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Tanjab Barat

Berita

Es Batu Dalam Gelas Membahana di Posko Relawan UAS – Katamso Ayuk Manis Pasar Kwatik

Berita

Pertandingan Sepakbola Piala Asprov PSSI Jambi Berujung Ricuh, Pemain Saling Baku Tinju Dalam Lapangan