Sambut Hari Bahkti Adhyaksa ke 62 dan HUT IAD ke 22, Kejari Tanjung Jabung Barat Santuni Anak Panti Asuhan dan Purnaja di Tanjab Barat Diduga Proses Tender Cacat Hukum, Rekanan Bakal Pidanakan Pokja Banyak Salah Lokasi, Proyek di Dinas PU PR Tanjabbar Dibatalkan Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Betara

Jadi Kalender Nasional, Festival Arakan Sahur Bakal Dibuka Menteri Sandiaga Uno

KUALA TUNGKAL,LJ- Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tradisi budaya. Setiap tradisi budaya memiliki keunikan dan filosofi masing-masing. Contohnya di Bulan Ramadhan, setiap daerah memiliki cerita dan cara masing-masing dalam menyambut dan memeriahkannya yang lambat laun menjadi tradisi yang di lakoni dari tahun ketahun.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki tradisi unik di Bulan Ramadhan yang bernama Arakan Sahur. Arakan sahur adalah merupakan aktifitas sekelompok orang yang membangunkan masyarakat untuk makan Sahur.

Tradisi Arakan Sahur ini sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan sejak sebelum kemerdekaan RI dan baru tercatat di tahun 1966 yang kemudian terus dilaksanakan turun temurun sampai sekarang. Pada awal awal pelaksanaan arakan sahur hanya sebatas aktifitas membangunkan sahur oleh sekelompok pemuda dengan menggunakan peralatan seadanya seperti ember, panci, dan besi atau bamboo sebagai alat pukul dengan menyerukan lagu / yel yel khusus,

BACA JUGA  Waw! Karyawan SKK Migas Raih Medali Emas di Sea Games Kamboja

namun saat ini dengan berjalannya waktu Arakan sahur sudah dikemas dalam bentuk festival.

 

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melihat peluang dan potensi yang cukup bagus dan menjadikan Arakan Sahur sebagai Festival Arakan Sahur yang diselenggarakan setiap tahun di Bulan Ramadhan. Pelaksanaan Festival Arakan Sahur di laksanakan setiap malam minggu selama bulan Ramadhan. Pesertanya terdiri dari orang dewasa hingga anak-anak. Hal lain yang menarik dari festival ini, setiap peserta selalu berusaha menampilkan yang terbaik atas permainan musik dan keindahan maket yang dibuatnya, ada yang membuat kapan-kapalan, Al Quran besar, miniatur masjid, dan lain-lain.

Tradisi arakan sahur itu menjadi sebuah tradisi yang cukup unik, karena mereka yang ikut dalam kegiatan tersebut harus berkeliling sepanjang jalan Tungkal, dengan rute yang telah ditentukan. Mereka juga harus memainkan alat musik yang mereka pertunjukan kepada masyarakat di sana sebagai bentuk cara mereka dalam membangunkan warga untuk melaksanakan sahur.

BACA JUGA  Tinjau Lokasi Kebakaran, Wabup Hairan Serahkan Bantuan Kepada Korban

 

Di Tahun 2024 ini, festival Arakan Sahur akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Sandiaga Uno pada tanggal 17 februari 2024. Dengan terpilihnya Festival Arakan Sahur kedalam 110 Event Terbaik Versi Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, diharapkan dapat menyumbangkan kontribusi di sektor pariwisata dan kebudayaan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi para pelaku Pariwisata dan dan budaya di Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(*)

 

Share :

Baca Juga

Advetorial/Society

Ketua DPRD Hadiri Undangan Acara Firewell Parade Kapolres Baru Tanjab Barat

Berita

Liga Marisa Pimpin SMSI Kabupaten Tebo

Berita

Humas Polri dan SMSI Perkuat Kolaborasi Wujudkan Pemilu Damai

Berita

Bupati UAS Membuka Resmi Festival Arakan Sahur Malam ke 2

Berita

Sekretaris Daerah Gelar Rapat Persiapan Keberangkatan Jamaah Haji Tanjab Barat

Berita

DPC Partai Demokrat Tanjab Barat Gelar Pembekalan Caleg

Berita

Sekda Tinjau Kondisi Jembatan WFC Pasca Tertabrak Kapal

Berita

Milestone Puspa Asri, Sumringah Pertamina EP Jambi menuju 1 Juta BOPD