Sambut Hari Bahkti Adhyaksa ke 62 dan HUT IAD ke 22, Kejari Tanjung Jabung Barat Santuni Anak Panti Asuhan dan Purnaja di Tanjab Barat Diduga Proses Tender Cacat Hukum, Rekanan Bakal Pidanakan Pokja Banyak Salah Lokasi, Proyek di Dinas PU PR Tanjabbar Dibatalkan Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Betara

Home / Berita / Bisnis / Ekonomi / Energi / Finansial / Industri / Infrastruktur / Nasional / Pemerintahan

Selasa, 23 Januari 2024 - 10:50 WIB

SKK Migas – PetroChina Jabung Serahkan Bantuan Penanganan Banjir di Tanjung Jabung Timur

MUARASABAK,Lj-Di tengah ancaman banjir di musim penghujan, diperlukan kerja sama antara berbagai pemangku kepentingan agar warga yang terdampak bisa segera mendapat bantuan. SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) aktif terlibat dalam penanganan bencana banjir yang terjadi di Provinsi Jambi.

Pada hari Senin, 22 Januari 2024, PCJL menyerahkan bantuan penanggulangan bencana banjir kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bantuan diserahkan secara langsung oleh Field Manager Jabung Rudy Hermawan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur Sapril. Bantuan ini kemudian akan dikirim ke posko bencana di dua kecamatan terdampak banjir, yaitu Berbak dan Rantau Rasau, untuk didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

 

Bantuan senilai total Rp 60 juta ini dibiayai melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) PCJL. Bantuan yang diserahkan ke kedua kecamatan meliputi 50 lembar selimut, 50 lembar tikar, 250 karung beras, 250 dus mi instan, dan 1.300 kaleng sarden.

 

Field Manager Jabung PCJL Rudy Hermawan menyampaikan bahwa penyerahan bantuan ini adalah wujud kesigapan PCJL dalam membantu warga terdampak banjir di sekitar wilayah operasi perusahaan. “Kami menyadari bahwa musim penghujan membawa banyak risiko bagi masyarakat lokal, termasuk di antaranya banjir yang kerap terjadi. Oleh karenanya, kami siap siaga bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak. Ini adalah bagian dari kegiatan penanganan bencana yang dijalankan oleh PetroChina Jabung, yang juga mencakup bencana lain seperti kebakaran hutan dan lahan,” jelas Rudy.

BACA JUGA  Pesta Gol, Tim Futsal Tanjabbar Tapaki Semifinal Gubernur Cup 2024

 

Sebelumnya, PCJL telah menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir senilai RP 60 juta kepada Dinas Sosial Provinsi Jambi pada tanggal 10 Januari 2024. Selain itu, PetroChina International Bangko Ltd. (PCBL) juga menyerahkan bantuan senilai Rp 20 juta, berupa 100 kilogram beras dan 100 dus mi instan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sarolangun pada tanggal 17 Januari 2024. Bantuan di Kabupaten Sarolangun ini disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir di dua kecamatan, yaitu Limun dan Cermin Nan Gedang.

Rudy menjelaskan bahwa PetroChina akan terus menjalin komunikasi dengan dinas-dinas terkait di berbagai tingkatan pemerintahan agar dapat mengoptimalkan penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Provinsi Jambi. “Semoga bantuan dari PetroChina dapat memberikan manfaat dan meringankan beban bagi masyarakat terdampak banjir,” tambahnya.

BACA JUGA  Caleg Golkar ini Kembali Raih Suara Terbanyak di Dapil II Tanjabbar

Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel, Safe’I menyambut baik Tindakan yang direalisasikan tim PetroChina. Dikatakannya bahwa peran ini pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat di lapangan. “Dengan kondisi saat ini, tentu bantuan dari kita akan sangat terasa bermanfaat bagi masyarakat terdampak,” ungkap Safe’i. dijelaskannya pula bahwa pemberian bantuan ini juga didasarkan atas unsur kemanusiaan selain bentuk kewajiban perusahaan “sebagai perusahaan yang beroperasi di daerah dan dekat dengan masyarakat sudah memang sepatutnya kita peka akan kondisi dan keadaan dari masyarakat sekitar, apalagi bila masyarakat terdampak bencana sebagaimana yang terjadi saat ini, maka perusahaan wajib memberikan peran untuk meringankan kondisi tersebut sekaligus pula sebagai bentuk kepedulian dalam unsur kemanusiaan,” tuturnya.

Safe’I juga mengharapkan agar kondisi segera membaik, bencana dapat segera ditanggulangi dan masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman Kembali. (*)

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjabbar Studi Tiru Penanggulangan Bencana di Kabupaten Banjar Kalsel

Berita

Apresiasi Pergeseran Dokter, Dewan Sebut Warga Ulu Masyarakat Tanjabbar Juga

Advetorial/Society

Bupati Tanjab Barat Ikuti Roadshow Daring Bersama Menko Bidang PMK Terkait Percepatan Penurunan Stunting

Berita

Anggota DPRD Dapil I Jamal Menggelar Reses Akhir

Berita

Sepi, Hanya 10 Peserta Berkompetisi Festival Arakan Sahur Tahun Ini di Kuala Tungkal

Berita

Baru Selesai Dikerjakan, Rehab Tanggul di Sungai Gebar Sudah Longsor

Berita

Danrem 042/Gapu Terima Silaturahmi SMSI Provinsi Jambi

Berita

Wabup Hairan Hadiri Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali