Sambut Hari Bahkti Adhyaksa ke 62 dan HUT IAD ke 22, Kejari Tanjung Jabung Barat Santuni Anak Panti Asuhan dan Purnaja di Tanjab Barat Diduga Proses Tender Cacat Hukum, Rekanan Bakal Pidanakan Pokja Banyak Salah Lokasi, Proyek di Dinas PU PR Tanjabbar Dibatalkan Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Betara

Home / Uncategorized

Sabtu, 22 Januari 2022 - 06:08 WIB

Stand Pameran Produk Unggulan Tanjabbar di Serbu Pengunjung Pada Acara Gernas BBI

JAMBI – Stand pameran produk unggulan Kabupaten Tanjab Barat diserbu para tamu yang hadir pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Bandara Internasional Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Sabtu (22/1/22)

Ibu Gubernur Jambi pun dibuat sumringah olehnya, bagaimana tidak, Hesti Haris sebelumnya tidak menyangka jika Tanjab Barat mempunyai banyak produk unggulan yang bisa dikembangkan kedepannya.

“Saya tak menyangka, ada banyak produk unggulan unik, menarik dan sangat bagus dari Tanjab Barat.  Ada kerjiann purun, batok kelapa dan batik. Selain itu ada amplang udang, kerupuk,  madu, kopi, bahkan dodol pun ada,” bebernya.

Hesti Haris menilai jika produk unggulan Tanjab Barat ini sangat berpotensi dan bisa dikembangkan lebih baik untuk kedepannya. “Jika terus dikembangkan, bukan tidak mungkin bisa menembus pasar Nasional maupun Internasional, jadi tergantung dengan pulo pengembangan untuk kedepannya,” kata dia.

Untuk diketahui, sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan membuka secara resmi penyelenggaraan Kick-off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Wisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI) Jambi pada Rabu (19-01-2022) di Kota Jambi kemarin.

BACA JUGA  Anwar Sadat Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Parit 1 Kualatungkal

Mulai tahun 2022, pemerintah pun mengkolaborasikan program Gernas BBI dan Gernas BWI menjadi satu sebagai sebuah langkah adaptif melihat kondisi selama Pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan yang diadakan secara hybrid tersebut, hadir pula Menteri Perhubungan, Gubernur Bank Indonesia (daring), Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Menteri Kelautan dan Perikanan (daring), Wakil Menteri Perdagangan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (daring), Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), dan Gubernur Jambi.

Membuka opening remarks setelah menyaksikan video selayang pandang UMKM di Jambi, Menko Luhut menyampaikan apresiasi kepada Menteri Perhubungan beserta jajaran atas penyelenggaraan Kick-off Gernas BBI dan BWI di Jambi yang menjadi pionir di tahun 2022. Sebelumnya, Jambi sudah melakukan prelaunching Gernas BBI pada Maret tahun lalu. “Tulang punggung ekonomi kita adalah UMKM dan Gernas BBI merupakan sebuah kepercayaan dan amanah yang harus kita kawal sebagai bentuk semangat bangga produk lokal,” ujar Menko Luhut.

BACA JUGA  Muhktadi Putra Nusa Kembali Pimpin SMSI Provinsi Jambi Periode 2022-2027

Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan program Gernas BBI. Sejak Mei hingga akhir 2021, Gernas BBI telah mengasilkan 9,2 juta unit UMKM onboarding dan 17,2 juta UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital. Dengan diadakannya acara ini, Menko Luhut berharap Jambi dapat memberi kontribusi untuk mencapai target 30 juta UMKM onboarding pada 2023.

“Siapkan produk unggulan untuk mendukung pariwisata berkualitas di Jambi, lalu kemas dengan kreatif,” pesan Menko Luhut dalam kesempatan yang sama. Menurutnya, Jambi punya banyak sejarah dan warisan budaya yang dapat diangkat bernilai tambah. Diapun menyontohkan, kopi Arabika Kerinci yang diekspor ke Korea Selatan melalui Pelabuhan Talang Duku pada hari yang sama. Pelepasan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi scanning (memindai) di layar oleh para pejabat negara yang hadir

Share :

Baca Juga

Berita

PetroChina Lakukan Optimalisasi demi Pencapaian Target Produksi Jabung 2022 

Uncategorized

Muhktadi Putra Nusa Kembali Pimpin SMSI Provinsi Jambi Periode 2022-2027

Berita

Danrem 042/Gapu Terima Silaturahmi SMSI Provinsi Jambi

Uncategorized

Mantap, Tanggul Parit Nasikin Baru Dibangun sudah Amblas

Uncategorized

Sambangi Pj. Bupati Musi Banyuasin, SKK Migas Dan Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Zona 4 Field Ramba Dan Pendopo Utamakan Kelancaran Operasi Hulu Migas

Uncategorized

Taekwondo Tanjabbar Borong 25 Medali di Gubernur Jambi Cup 2022

Uncategorized

Meriahnya Perayaan HUT Dewa SeKong di Kelenteng Leng San Keng