Sambut Hari Bahkti Adhyaksa ke 62 dan HUT IAD ke 22, Kejari Tanjung Jabung Barat Santuni Anak Panti Asuhan dan Purnaja di Tanjab Barat Diduga Proses Tender Cacat Hukum, Rekanan Bakal Pidanakan Pokja Banyak Salah Lokasi, Proyek di Dinas PU PR Tanjabbar Dibatalkan Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Betara

Bangun Keterbukaan Informasi, PetroChina Terima Kunjungan Jurnalis Media Nasional

BETARA,Lj-SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. menerima kunjungan para jurnalis dari beberapa media nasional diantaranya yakni detik.com, Dunia-energi.com, Jpnn.com, Media Indonesia, Petrominer, Pikiran Rakyat, Ruangenergi.com, Suara.com, dan Warta Ekonomi.

Kunjungan para jurnalis ini disambut baik oleh tim manajemen PetroChina bertempat di Betara Gas Plant (BGP) Recreation Hall, Control Room, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Provinsi Jambi, pada Rabu (18/10/2023).

Hadir pada kegiatan kunjungan ini yakni Field Manager PetroChina Jabung Rudy Hermawan, Act. Communication Manager PetroChina Jabung Afdal, Government and Relations Superintendent PetroChina Jabung Saipul, Exploration Manager PetroChina Jabung Hendra Niko Saputra beserta jajaran. Selain itu, hadir pula Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel Safe’i Syafrie, Humas SKK Migas Suhendra Atmadja beserta jajaran.

Penerimaan kunjungan para jurnalis nasional ini sebagai wujud keterbukaan informasi kegiatan perusahaan hulu migas, serta wujud membangun hubungan yang baik dan memberikan wawasan yang lebih luas tentang kegiatan atau operasional industri hulu migas di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) terutama PetroChina Jabung.

Pada kegiatan tersebut, para jurnalis nasional mendengarkan langsung paparan dari tim manajemen PetroChina Jabung terkait kegiatan produksi serta fasilitas-fasilitas yang tersedia di BGP.

Field Manager PetroChina Jabung Rudy Hermawan, pada pemaparannya menyampaikan bahwa PetroChina menyiapkan strategi untuk bisa mencapai target produksi minyak dan gas yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui pengawasan SKK Migas. Selain itu, PetroChina juga berkomitmen untuk bisa mencapai target 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) gas di tahun 2030.

Dipaparkan bahwa PetroChina berencana melakukan 2 pengeboran sumur eksplorasi yakni NEB SUN-1 & NEB BASE-3, sebagai bagian dari pemenuhan komitmen kerja pasti di Wilayah Kerja (WK) Jabung tahun 2023. Kemudian, pada tahun 2023 ini, PetroChina juga mencanangkan 11 program pengeboran pengembangan di 6 lapangan yang berada di WK Jabung.

Hingga saat ini, tujuh sumur telah ditajak, yakni sumur WB-D16, NEB-101, SB-D21, NEB-93, Panen-D15, NEB-83, dan Gemah-75. Selain itu, PetroChina tengah mempersiapkan Survei Seismik 3D & 2D 2023 untuk WK Jabung yang akan dimulai pada kuartal 4 tahun 2023 dan berlangsung selama 15 bulan, dimana sosialisasi kegiatan survei seismik di Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah dimulai pada 4 September 2023.

Di penghujung pemaparannya, Rudy Hermawan mengharapkan kepada para jurnalis agar dalam hal pemberitaan sesuai dengan fakta dan bukti yang valid serta tidak menginformasikan hoax.

BACA JUGA  Wabup Tanjab Barat Pimpin Apel Kesiagaan Penanggulangan Karhutla

“Tentunya kami sangat berharap pemberitaan yang balance atau seimbang ya, jadi kita coba tepis hoax, dengan memberikan bukti-bukti nyata,” ujarnya.

“Serta effort keberadaan perusahaan kita untuk masyarakat sekitar serta beberapa CSR yang sudah kita lakukan dan beberapa program tersebut berharap bisa diberitakan dengan baik, serta memberikan bukti nyata kontribusi kita terhadap masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Usai pemaparan, para jurnalis diajak melihat kegiatan operasional para pekerja PetroChina melalui pantauan di control room.

“Kita sekarang berada di posisi control room BGP, disini ada beberapa area-area besar plant yang menghandle untuk Wilayah Kerja Jabung, terutama BGP adalah yang terbesar disini produksi gas-nya,” ujar Rudy Hermawan.

Dalam kesempatan yang sama, para jurnalis juga mendengarkan langsung paparan yang disampaikan oleh Tim HSSE PetroChina Jabung terkait prosedur yang berlaku dalam proses kerja di lingkungan operasional PetroChina Jabung.

Salah seorang jurnalis dari Ruangenergi.com, Godang Sitompul, menanyakan terkait perkembangan yang didahulukan.

“Dari program yang ada, PetroChina sekarang ini arahnya mengejar perkembangan yang lama atau evaluasi tempat yang terbaru?,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Exploration Manager PetroChina Jabung Hendra Niko menjawab bahwa pada tahun 2023, PetroChina Jabung fokus dalam menemukan cadangan sumber daya migas baru di WK Jabung. Ia menyebutkan, dengan target Indonesia menuju transisi energi, maka keberadaan WK Jabung yang dikelola oleh PetroChina menjadi selaras dengan target tersebut.

“Di WK Jabung, 65 persen produksinya adalah gas. Hal ini terkait dengan pengendapan masa lalu materi pembuatan hidrokarbon yang kebanyakan gas,” ujar Niko.

Diketahui, PetroChina Jabung telah mengoperasikan WK Jabung seluas 1.643 kilometer persegi di Provinsi Jambi sejak 2002, yaitu setelah mengakuisisi WK ini dari operator sebelumnya yakni Devon Energy, sejak 2006, PetroChina Jabung telah membukukan produksi harian rata-rata yang stabil di atas 50.000 BOEPD (barel setara minyak per hari).

Pada tahun 2022, PetroChina Jabung mencatatkan realisasi lifting harian rata-rata sebesar 15.618 BOPD minyak dan kondensat serta 173 MMSCFD gas.

Dua fasilitas utama pengolahan migas yang terdapat di WK Jabung adalah Betara Gas Plant (BGP) di Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, serta North Geragai Fractionation (NGF) di Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pada 27 Februari 2023, PetroChina Jabung telah resmi memulai masa perpanjangan kontrak sebagai operator Wilayah Kerja Jabung untuk periode 2023 – 2043.

BACA JUGA  Kick-off PMT Proyek LNG Abadi Setelah Persetujuan Revisi POD

Secara keseluruhan, para jurnalis merespon baik dan menyampaikan apresiasi atas prestasi-prestasi yang telah diraih PetroChina dalam hal mendukung program pemerintah, untuk membangkitkan ekonomi masyarakat melalui program pengembangan masyarakatnya yang sudah dilakukan dengan baik.

“Jadi kita bisa tahu gimana sih proses awal dari produksi dari sumur sampai dikirim ke pembeli gitu. Jadi kita bisa tahu prosesnya itu ternyata dipantau, dipantau setiap hari gitu. Jadi ilmu baru sih, jadi pemberitaan juga,” ujar jurnalis detik.com, Aulia Damayanti.

“Harapannya untuk PetroChina khususnya sukses dalam produksinya mencapai target satu juta barel. Itu yang ditargetkan kontribusinya, yang ditargetkan pemerintah, khususnya untuk yang di Jambi juga sukses untuk targetnya sampai akhir tahun,” ungkapnya.

Selain pemaparan dan kunjungan di control room BGP, para jurnalis juga diajak untuk melakukan kunjungan di beberapa lokasi dan kegiatan hasil program pemberdayaan masyarakat oleh PetroChina di Wilayah Kerja Jabung, yakni destinasi wisata Embung Muntialo yang merupakan salah satu binaan PetroChina melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Dimana PetroChina telah bekerja sama dengan pemerintah daerah dan komunitas setempat, untuk mendesain berbagai program di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan lingkungan.

Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel, Safe’i Syafrie, dalam kunjungan ke destinasi wisata tersebut juga turut mendampingi para jurnalis. Ia mengatakan bahwa destinasi wisata ini dibangun berkat dedikasi dan dukungan PetroChina dalam pembangunan dan pengembangan daerah baik dari segi ekonomi maupun sosial.

“Program pengembangan masyarakat dari PetroChina dimana tujuan adanya wisata embung ini adalah lebih menjaga terkait dengan membantu jika terjadi kebakaran-kebakaran hutan, tersedia air, dan ini juga bisa dimanfaatkan sekaligus oleh masyarakat untuk berwisata,” ujarnya.

“Pesan kami kepada teman-teman media adalah sampaikan memang terkait dengan apa yang sudah dilihat, didengar terkait bagaimana kegiatan hulu migas dan multiplier effects daripada kegiatan hulu migas, baik dari aspek operasi produksi maupun mengenai bagi hasil. Selanjutnya juga terkait program-program yang dilaksanakan oleh KKKS PetroChina bahwa banyak kegiatan-kegiatan yang memang untuk kepentingan pembangunan daerah dan juga meningkatkan dari pada perekonomian masyarakat yang ada di Jambi khususnya,” lanjutnya.(*)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Desa Telago Limo

Berita

Bupati Menghadiri Bimbingan Teknis di Lingkup Pemkab Tanjab Barat

Berita

Wakil Bupati Tanjab Barat Hadiri Rakor Sinergisitas Peran Gubernur Bersama Unsur Forkopimda dalam rangka persiapan Pelaksanan Pemilu Serentak 2024

Berita

DPC Partai Demokrat Tanjab Barat Gelar Pembekalan Caleg

Berita

Pemkab Tanjabbar Audiensi dengan Gubernur Riau Terkait Pembangunan

Berita

Peserta Arakan Sahur Tunggu Event Pemkab Tanjab Barat, Dua Tahun Alat Nganggur

Berita

Bupati Tanjab Barat Salurkan Bantuan Program Atensi dari Kemensos

Berita

Seru, Bupati Tanjab Barat Mancing Bersama Wakil Gubernur Jambi