Sambut Hari Bahkti Adhyaksa ke 62 dan HUT IAD ke 22, Kejari Tanjung Jabung Barat Santuni Anak Panti Asuhan dan Purnaja di Tanjab Barat Diduga Proses Tender Cacat Hukum, Rekanan Bakal Pidanakan Pokja Banyak Salah Lokasi, Proyek di Dinas PU PR Tanjabbar Dibatalkan Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Betara

Luar Biasa, PT LPPPI Panen Semangka 18 Ton Bersama Petani Binaan

TANJAB BARAT – Upaya pihak PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (LPPPI) dalam memaksimalkan pemanfaatan kawasan hijau di sekitar lokasi perusahaan kian menunjukan peningkatan progres yang signifikan. Tak tanggung-tanggung, 18 Ton buah semangka berhasil dipanen dari lahan sekitar 2 Hektare.

Selain berhasil memenuhi kebutuhan pasar lokal, produk petani binaan ini bahkan sukses menembus pangsa pasar luar daerah seperti Jakarta dan juga Batam dengan tetap memberikan harga jual modal yang bersaing dan bervariatif dikisaran Rp 4.000 perkilo.

“Alhamdulillah, kita merasa sangat terbantu dengan adanya pihak perusahaan. Selain menyediakan lahan dan melakukan pembinaan, kita juga mendapat bantuan modal awal untuk memulai usaha ini,” tutur Saifudin salah satu Petani binaan saat ditemui awak media disela panen.

Menurutnya, kebijakan pembagian 10% hasil bersih laba penen Semangka yang diambil pihak perusahaan tidak memberatkan petani. Apalagi, pihak Perusahaan juga tetap memberikan bantuan dan tidak meminta ganti modal saat petani terkendala gagal panen dan mengalami kerugian.

BACA JUGA  Hadiri Wisuda Unja, Al Haris Minta Generasi Muda Harus Pandai Mencari Peluang

“Kami sangat puas. Perusahaan juga sangat perhatian kepada kami. Tentu saja kami pernah gagal tetapi perusahan masih membatu sampai kami sukses seperti ini,” timpalnya diamini petani lain.

External Affairs And Environmental Protection(EAD) Head PT Lontar Phapyrus Pulp and Paper Industry Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, H Hermawan DBS, SH MH menjelaskan kesuksesan Petani Binaan tidak terlepas dari peran berbagai pihak yang membantu melakukan pembinaan kepada warga sekitar.

Tak hanya semangka yang sudah berhasil sejak tahun 2020, Petani Binaan CSR PT LPPPI juga menanam jeruk dan tanaman keras. Para petani mendapat perhatian dari konsultan independen terhadap yang berupaya membantu Petani dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen mereka.

BACA JUGA  Pacu Peningkatan TKDN di Wilayah Sumbagsel, SKK Migas-KKKS Fasilitasi Pertemuan Stakeholder

Hermawan juga menegaskan bahwa Pihak Perusahaan bersedia membantu petani dengan tidak mengeluarkan kebijakan yang akan merugikan mereka.

“Insya Alloh tidak akan memberatkan Petani. Selain menyediakan lahan, kita juga memberikan bantuan modal awal melalui CSR dengan kesepakatan yang menguntungkan petani. Mereka juga kita fasilitasi dalam kegiatan pembinaan untuk meningkatkan hasil panen,” tutur H Hermawan usai mengikuti panen semangka bersama Petani Binaan.

Selain melakukan perluasan lahan pertanian petani binaan, Pihak perusahaan juga menegaskan komitmen dalam membantu peningakatan taraf hidup warga sekitar diantaranya dengan progan relokasi agrowisata disekitar kawasan Hijau yang akan direalisasikan dalam waktu dekat. (*/Vin)

Share :

Baca Juga

Berita

Keren, Produk Tradisional Khas Anak Bangsa Indonesia Bisa Jadi Merek Internasional

Berita

RSUD Kualatungkal Diduga Lalai, Operasi Pasien di Jambi Terhambat

Berita

Anggota DPRD Muaro Jambi Dapil Kumpe Hadirin Pengukuhan Pemangku Adat Melayu Desa Arang-arang

Berita

Humas Polri dan SMSI Perkuat Kolaborasi Wujudkan Pemilu Damai

Berita

Seru, Kajari Gelar Dialog Interaktif Jaksa Menyapa Lewat Radio RSPD Tungkal

Berita

Sukseskan Pemilu Damai, Kesbangpol Tanjabbar Gelar Coffe Morning Bersama Insan PersĀ 

Berita

Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Jambi Tolak RUU Penyiaran

Berita

Kajari Tanjung Jabung Barat Menyambut Bapak Elan Suherlan Kajati Jambi Baru