Sambut Hari Bahkti Adhyaksa ke 62 dan HUT IAD ke 22, Kejari Tanjung Jabung Barat Santuni Anak Panti Asuhan dan Purnaja di Tanjab Barat Diduga Proses Tender Cacat Hukum, Rekanan Bakal Pidanakan Pokja Banyak Salah Lokasi, Proyek di Dinas PU PR Tanjabbar Dibatalkan Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Betara

Peringati Hari Perempuan Internasional, APP Sinar Mas Gandeng Pijar Foundation – EdHeroes Berdayakan Perempuan dan Pemuda di Sektor UMKM dan Leadership

Jambi,Lj- Memperingati Hari Perempuan Internasional, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menggandeng Pijar Foundation – EdHeroes Indonesia memulai inisiatif *”Leadership & Womenpreneur Camp”* untuk mengoptimalkan peluang bagi pengusaha muda perempuan di wilayah Riau dan Jambi.

Kegiatan kamp Kepemimpinan dan Kewirausahaan Perempuan dilaksanakan di Balai Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat PT Wirakarya Sakti, Sungai Tapah, Dusun Kampung Baru Desa Kuala Dasal Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi pada tanggal 8 – 9 Maret 2023.

Kegiatan pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan perempuan mendorong pemberdayaan perempuan di sektor UMKM dengan mengikuti kelas praktikal untuk memberdayakan aspek kepemimpinan, kewirausahaan, kecakapan teknologi, dan literasi keuangan serta model bisnis dan inisiatif lokal untuk menciptakan pemimpin dari kader kader pemuda pemudi khususnya generasi muda yg bisa menjadi pahlawan lokal.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dalam sambutannya mendukung penuh optimalisasi produk unggulan lokal untuk menyasar pasar nasional melalui berbagai pameran produk yang dapat diikuti oleh produk unggulan hasil kurasi pelatihan. “Pemerintah pada tahun 2020 memulai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan diproyeksikan pada 2023 menciptakan 36 juta UMKM digital,” ungkap Zulkifli dalam rekaman sambutan pembukaan acara.

BACA JUGA  Sekda Tanjab Barat Hadiri Apel Puncak Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022

*Staf Ahli Menteri Koordinator PMK, Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi, Femmy Eka Kartika Putri* mengatakan dukungan terhadap dampak nyata yang terjadi di akar rumput. Perempuan memiliki peran strategis sebagai penggerak ekonomi keluarga, dan sektor UMKM perempuan memiliki potensi penggerak ekonomi khususnya di masa pandemi, didukung oleh transformasi digital. Menurut data Kemenko PMK 37 juta UMKM dikelola oleh perempuan. Sektor UMKM berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar Rp 8.573 triliun di tahun 2021.

Di tempat terpisah, *Chief Sustainability Officer APP Sinar Mas, Elim Sritaba* dalam sambutannya secara daring mengatakan bahwa, APP Sinar Mas memiliki visi keberlanjutan yaitu Sustainability Roadmap Vision 2030 (SRV 2030), yang memiliki target untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, termasuk memberdayakan perempuan & pemuda di sekitar areal operasional APP Sinar Mas dan pemasoknya.

“Kami berharap melalui kegiatan Kamp pelatihan 2 hari ini akan membuka akses perluasan jaringan kepada masyarakat sekitar operasional kami melalui berbagai forum kolaborasi dengan UMKM maupun kepemudaan yang akan memicu semangat para pelaku bisnis dan para pemuda untuk terus maju mengembangkan daerahnya,” ungkap Elim.

BACA JUGA  Wabup Hairan Sambut Sejuk Kunjungan Kerja DPRD Kota Sungai Penuh

Sementara itu Pijar Foundation juga menegaskan mengenai pentingnya perempuan di era sekarang, yang harus bisa memiliki akses serta pendidikan untuk pengembangan kapasitas diri dalam bidang wirausaha.

“UMKM di Indonesia banyak dilakukan oleh perempuan dan tingkat keberhasilannya cukup tinggi. Kami ingin membantu untuk membuka akses untuk perempuan di seluruh Indonesia untuk berani memulai usaha. Tidak peduli apapun latar belakang perempuan itu apakah ibu rumah tangga atau ada profesi lainnya,” ujar *Farhannisa Nasution, Chairwomen Edheroes Asia mewakili Pijar Foundation.*

Kamp pelatihan kepemimpinan dan kewirausahan perempuan ini merupakan bentuk kolaborasi berbagai pihak dari sektor publik, privat seperti Yanty Warko, dari Ikatan Perempuan Pengusaha Indonesia (IWAPI) sebagai pembina pengembangan produk UMKM perempuan, tim dari Eureka Edutech yang mengisi materi terkait pendidikan digital, tim dari Indonesia Next Leader sebagai pemantik inisiatif kepemimpinan di daerah, ASN Women League sebagai inisiatif pemberdayaan perempuan di sektor publik yang digagas oleh Serevinna Dewita Simanjuntak sebagai salah satu aparatur sipil negara perempuan, serta Bursa Efek Indonesia (IDX) yang memberikan materi terkait literasi finansial.(*/Vin/END)

Share :

Baca Juga

Berita

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, SKK Migas Ajak Stakeholder Bangun Kolaborasi Strategis

Berita

Dorong Realisasi Pengeboran, SKK Migas – KKKS Sumbagsel Laksanakan Monitoring Kesiapan Tajak Sumur Pengeboran Tahun 2023

Berita

Ada Temuan Cadangan Minyak dan Gas Baru di Sumatra Selatan

Berita

Baharkam Polri Tinjau Sistem Manajemen Pengamanan di PetroChina Jabung

Berita

Bupati UAS Tutup MTQ ke 51 Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Berita

Wabup Tanjabbar Terima DIPA dan TKDD Tahun 2024

Berita

Silaturahmi dengan Amsindo Jambi, Kapolda Jambi: Kami Membuka Diri Terhadap Masukan

Berita

Resmi Pengacara Pemkab Laporkan Akun Habibie ke Polres Tanjabbar, terkait Dugaan Ujaran Kebencian ke Bupati