Sambut Hari Bahkti Adhyaksa ke 62 dan HUT IAD ke 22, Kejari Tanjung Jabung Barat Santuni Anak Panti Asuhan dan Purnaja di Tanjab Barat Diduga Proses Tender Cacat Hukum, Rekanan Bakal Pidanakan Pokja Banyak Salah Lokasi, Proyek di Dinas PU PR Tanjabbar Dibatalkan Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kecamatan Betara

Home / Berita / Bisnis / Ekonomi / Energi / Infrastruktur / Nasional / Pemerintahan

Sabtu, 4 Mei 2024 - 13:36 WIB

Dianugerahi Gelar Depati Payung: Al Haris Hadiri Kenduri Adat Dusun Tigo Serampas di Renah Alai

Jambi – Gubernur Jambi Al Haris dianugerahi gelar Depati Payung oleh masyarakat adat dusun tigo wilayah adat Depati Karti Mudo Menggalo Renah Alai, Rantau Kermas dan Lubuk Mentilin.

 

Gelar adat ini dianugerahi masyarakat dusun tigo pada acara puncak Kenduri Adat Kenduri Sko Dusun Tigo yang berlangsung di Rumah Gedang, Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jumat (3/5/2024) malam.

 

 

 

Gelar adat ini diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada Al Haris selaku bagian dari warga dusun tigo dan kini menjabat sebagai Gubernur Jambi.

 

 

Gubernur Al Haris sangat mengapresiasi adat budaya Serampas, khususnya wilayah dusun tigo yang tetap lestari dan diperingati setiap tahunnya dengan tajuk Kenduri Adat Kenduri Sko.

BACA JUGA  SKK Migas Berkomitmen Dorong Penerbitan Aturan Tata Kelola Sumur Minyak Masyarakat

 

“Kita bangga bahwa kito tidak pernah lupo dengan sejarah adat budaya kito ini, budaya ini terus kita lestarikan dan menjadi warisan untuk anak cucu kito,” kata Al Haris.

 

Pada rangkaian kenduri Adat Kenduri Sko Dusun Tigo ini juga diadakan pengukuhan adat gelar Depati Karti Mudo Menggalo kepada Mukti Ali.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dusun tigo, mudahan dengan Kenduri ini kito selalu rukun dan damai. Selanjutnya kami sangat bangga atas Gubernur yang telah menghadiri Kenduri adat dusun tigo ini,” kata Mukti Ali usai dikukuhkan.

BACA JUGA  Antar Khitanan Massal, Ini Pesan Ummi Fadhilah Sadat

 

Sementara itu, Kepala Desa Renah Alai Hasan Basri juga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Gubernur Jambi Al Haris atas kehadiran di acara kenduri Adat Kenduri Sko di Desa Renah Alai.

 

 

“Kami masyarakat adat tiga desa, dan mewakili warga Serampas kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pak Gubernur Jambi di acara kenduri Adat Kenduri Sko,” ujar Hasan Basri.

 

Pada moment ini, Gubernur Al Haris didampingi Istri Hesnidar Haris, para pejabat eselon II Pemprov Jambi dan Sekda Merangin.(*)

Share :

Baca Juga

Advetorial/Society

Bupati Tanjab Barat Serahkan LKPD Unaudited T. A 2023 Ke BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi 

Berita

Dua Tahun Kepemimpinan Bupati Tanjab Barat UAS dan Wakil Bupati H.Hairan, Peningkatan Pembangunan Kabupaten Mulai Terlihat

Berita

Bupati Tanjabbar Dampingi Gubenur Jambi Serahkan Bantuan ke Korban Musibah Kebakaran

Berita

Lagi, Sat Reskrim Polres Merangin Ringkus Terduga PETI

Berita

Antar Khitanan Massal, Ini Pesan Ummi Fadhilah Sadat

Berita

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, SKK Migas Ajak Stakeholder Bangun Kolaborasi Strategis

Berita

Pemilik Kapal Mulai Storkan Uang Ganti Rugi Tiang Jembatan WFC Patah Sekitar Rp 12 Juta 

Berita

Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan Membuka Resmi MTQ ke XIV Tingkat Kec Renah Mendaluh